SOP BAB I Tentang Komunikasi Dengan Pelanggan / Pasien

Secara Umum Pengertian dengan pelanggan puskesmas adalah :

  • komunikasi dengan pelanggan Puskesmas, baik didalam gedung Puskesmas, maupun diluar gedung Puskesmas, secara kelompok maupun secara perorangan,
  • Komunikasi adalah pemberian informasi secara langsung/ bertatap muka dengan pelanggan berupa pemberian informasi / penyuluhan, konseling, baik secara kelompok maupun secara individu kepada pelanggan Puskesmas.
  • Pelanggan Puskesmas adalah Ibu hamil, ibu menyusui, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Anak Sekolah Dasar (SD), Kader Kesehatan dan rawat jalan
download SOP Komunikasi dengan pelanggan/pasien


Langkah atau prosedur dalam komunikasi :
A. Komunikasi dengan kelompok.

  1. Koordinator Kelompok Kerja Puskesmas membuat rencana kegiatan komunikasi dengan pelanggan secara kelompok setiap satu tahun sekali,
  2. Koordinator Kelompok Kerja Puskesmas menyusun materi komunikasi kelompok,
  3. Satu minggu sebelum pelaksanaan komunikasi dengan pelanggan, pelaksana pemberi komunikasi menyiapkan materi yang akan diberikan,
  4. Satu minggu sebelum pelaksanaan komunikasi dengan pelanggan pelaksana pemberi komunikasi menyiapkan keperluan administrasi seperti surat undangan, presensi / daftar hadir, dan lain- lain yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan komunikasi,

B. Komunikasi dengan individu.

  1. Pelaksana pemberi komunikasi satu jam sebelum pelaksanaan pemberi komunikasi menyiapkan materi,
  2. Pelaksana pemberi komunikasi satu jam sebelum pelaksanaan pemberi komunikasi menyiapkan kebutuhan administrasi,
  3. Pelaksana pemberi komunikasi (komunikan) menyapa pelanggan (komunite) yang diberi komunikasi, bila perlu mengenalkan diri,
  4. Pelaksana pemberi komunikasi menyiapkan administrasi dan mempersilahkan komunite mengisi administrasi yang dipersiapkan (contoh presensi) bila perlu,
  5.  Pelaksana pemberi komunikasi menyampaikan materi komunikasi,
  6. Pada akhir pemberi materi menyimpulkan dan menutup pertemuan,
  7. Pelaksana komunikasi / komunikan mencatat hasil komunikasi kedalam administrasi yang dipersiapkan contoh pada buku kegiatan individu atau pada status / buku yang diberi komunikasi,
  8. Pelaksana komunikasi merapikan administrasi dan sarana yang dipakai.

Perhatian : dalam mencari referensi SOP harus memperhatikan beberapa hal, SOP sebaiknya dibuat simple namun mudah diingat, bisa mewakili prosedur yang biasanya anda laksanakan dan ada standart baku. Jadi sebaiknya anda modifikasi sendiri tanpa mengurangi isi yang ada di dalamnya.
Jika ingin edit dan ga capek edit, kami sediakan juga SOP tentang komunikasi dengan pelanggan ini dalam format word atau doc.


0 Response to "SOP BAB I Tentang Komunikasi Dengan Pelanggan / Pasien"

Post a Comment