8 Agenda Wajib Yang Harus Dibahas Dalam Rapat Tinjauan Manajemen

Pengertian dari Pertemuan tinjauan manajemen atau biasa disebut juga sebagai rapat tinjauan manajamen disingkat dengan RTM adalah sebuh proses untuk melakukan evaluasi diri atas sistem manajemen mutu yang dijalankan apakah sudah sesuai dan efektif. Rapat ini dilaksanakan secara berkala dan terjadwal dan tentu melibatkan pihak yang terkait dengan operasional kegiaan organisasi.
Perlu diingat bahwa dalam RTM ini perlu dibahas dahulu hasil rapat sebelumnya,bagaimana dengan tindak lanjutnya apakah sudah dilaksanakan dengan baik, dan selain itu juga diupayakan kejelasan agenda yang akan dibahas, maka disini akan sedikit dijelaskan apa saja agenda yang perlu dibahas dalam rapat pertmuan tinjauan manajemen puskesmas :

  1. Pembahasan mengenai umpan balik dari keluhan pelanggan
  2. Pembahasan mengenai hasil audit internal.
  3. Kepuasan pelanggan
  4. Kinerja yang dihasilkan 
  5. Pembahasan mengenai RTM yang sudah dilaksanakan sebelumnya
  6. Perencanaan mengenai perbaikan / Perubahan baik pada sistem maupun pada pelayanan
  7. Pembahasan mengenai masalah operasional selama penerapan sistem mutu dan pelayanan
  8. Perubahan yang dapat mempengaruhi mutu dan pelayanan
Yang berperan dalam pertemuan RTM adalah penanggung jawab manajemen mutu, dimana dialah yang seolah olah menjadi panitia dari pertemuan tersebut, dia harus mampu mempersiapkan tempat waktu, dan siapa saja yang akan diundang, serta kuncinya adalah pemantauan setelah RTM dilaksanakan. Apakah hasil benar benar ditindaklanjuti atau hanya sampai pada hasil rapat saja, tugas seorang penaggung jawab mutu adalah mengingatkan akan komitmen mengenai hasil pertemuan.

0 Response to "8 Agenda Wajib Yang Harus Dibahas Dalam Rapat Tinjauan Manajemen"

Post a Comment