Contoh Referensi Kerangka Acuan Program Gizi (KAK)

Berikut adalah sedikit referensi tentang membuat kerangka acuan program Gizi, Masih harus disempurnakan namun bisa jadi referensi tambahan bagi anda yang membutuhkan.

KERANGKA ACUAN PROGRAM GIZI

PENDAHULUAN
Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, diperlukan dukungan dari berbagai bidang. Puskesma berperan penting dalam memberikan dukungan secara langsung maupun tidak langsung, salah satunya dari Program Gizi yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat.
Peran Lintas Sektor sangat penting dalam mendukung upaya peningkatan gizi masyarakat.

LATAR BELAKANG
Saat ini masih banyak permasalahan di bidang kesehatan yang disebabkan rendahnya status gizi masyarakat, antara lain gizi buruk, ibu hamil anemia dan KEK, balita kekurangan Vitamin A, penyakit karena kekurangan Yodium, kurangnya Keluarga yang Sadar Gizi (KADARZI) dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gizi.
Upaya peningkatan gizi masyarakat membutuhkan peran lintas program dan lintas sector dalam mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan Upaya Gizi di Puskesmas maupun di masyarakat.

TUJUAN
Tujuan Umum

  • Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  • Tujuan Khusus 
  • Meningkatkan status gizi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan Upaya Gizi Puskesmas
  • Meningkatkan pengetahuan  masyarakat tentang gizi
  • Meningkatkan peran lintas sector dalam mendukung kegiatan-kegiatan Upaya Gizi


TATA NILAI
Berpihak pada Masyarakat
Puskesmas Sukamundung akan selalu berpihak kepada kepentingan masyarakat dalam  melaksanakan pembangunan kesehatan,dengan berupaya mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi tingginya bagi setiap orang tanpa membedakan  suku, agama, golongan, dan status sosial ekonomi.

Bertindak Cepat dan Tepat
Setiap masalah kesehatan diupayakan untuk diatasi secara tepat dengan didasarkan pertimbangan yang cermat sehingga Puskesmas Sukamundung dapat melakukan intervensi yang tepat sasaran terutama bagi masalah kesehatan yang bersifat darurat.

 Kerjasama Tim
Puskesmas Sukamundung  membangun tim yang utuh dan kompak serta membina kerjasama   tim yang menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan Sinergi.

Integritas Tinggi
Seluruh karyawan Puskesmas Sukamundung berkomitmen mewujudkan visi dan melaksanakan tugas penuh integritas,tulus,jujur,berkepribadian teguh serta bermoral tinggi.

Transparan dan Akuntabel.
Seluruh kegiatan pembangunan kesehatan yang menjadi tanggung jawab  Puskesmas Sukamundung harus dilaksanakan secara transparan,dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.





0 Response to "Contoh Referensi Kerangka Acuan Program Gizi (KAK)"

Post a Comment